Badah Ayam, Diagnosa Penyakit Dalam Ala Sumbar

by -
Ilustrasi Bedah Ayam
Ilustrasi Bedah Ayam

Semangat Budaya – Badah ayam kalau dalam bahasa Indonesia disebut bedah ayam. Praktek pengobatan tradisional ini berkembang di SUmatera Barat, khususnya Kabupaten Padang Pariaman. Badah ayam adalah pengobatan yang menggunakan ayam sebagai media untuk mendeteksi penyakit dalam semisal jantung, paru-paru, lambung dan lain sebagainya.

Seorang pasien badah ayam akan diminta untuk menyediakan ayam yang akan dibedah oleh ahli pengobatan. Ayam tersebut biasanya adalah ayam berusia “bujang”. Ketika diobati, ayam akan dibelah tubuhnya setelah disembelih. Lalu dilihat organ dalamnya. Apabila si ahli pengobatan tradisional melihat ada bagian dalam ayam tersebut yang ganjil, maka sangat besar kemungkinan, itulah penyebab penyakit yang dampaknya dirasakan sehari-hari oleh si penderita.

Badah ayam sudah ada sejak beratus tahun yang lalu. Salah seorang ahli pengobatan ini mengatakan, dengan badah ayam, sudah banyak pasien yang tertolong. Ia menolak kalau praktek ini langsung dicap syitrik. “Ayam cuma media saja. Do’anya tetap kepada nan satu (Allah SWT),” katanya.

Selain bedah ayam, ahli pengobatan tradisional ini biasanya juga menguasai beberapa ramuan pengobatan tradisional. Kearifan lokal ini diakui banyak pihak menjadi alternatif pilihan ketika pengobatan secara medis telah gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.